Simple Hacking – Remote Mikrotik yang menggunakan IP Private


Simple Hacking – Remote Mikrotik yang menggunakan IP Private


Berbekal dari troubleshoot hotspot client yang jaraknya lumayan jauh, rasanya saat trouble shoot yang paling enak dilakukan adalah melakukan remote router client dari rumah, tapi saat ini sepertinya provider internet yang ada merubah strategi teknis mereka dalam memberikan ip public untuk pengguna rumahan, salah satunya adalah mereka assign ip public hanya pada modem mereka, sementara untuk end user ( pengguna rumahan ) hanya diberikan IP Lokal menggunakan DHCP.
Dari pengalaman tersebut saya hanya berasumsi bahwa ada beberapa kemungkinan yang terjadi seperti diawah ini :

1. Mungkin cadangan ip publik IPv4 yang ada saat ini sudah sangat menipis, sementara untuk memberikan IPv6 ke pelanggan yang ada, kondisi dari infrastrukturenya sendiri yang belum siap.
2. Mungkin juga para operator menyiasati supaya end user tidak mendapatkan IP Publik dikarenakan supaya tidak digunakan untuk tujuan komersial.
3. Kemungkinan paling kecil adalah, adanya salah konfigurasi dari teknisi installasi.
Bagaimana dong untuk bisa melakukan remote modem milik kita sendiri/melakukan remote modem client ??, misalnya mikrotik/Cisco ? Tenang- tenang,,dari semedi yang saya lakukan, saya mendapatan wangsit begini,,
Wangsit yang pertama : Install team viewer di komputer client, jadi kita remote PC Client dan mulai deh otak-atik tuh modemnya,,ini namanya bukan hacking, tapi menyiasati saja :-D
Wangsit yang kedua : Ini musti mengakali, alias bongkar password modem operator :-P, caranya mudah sekali.
Tanyakan ke client anda IP yang ada pada WAN Interface modem yang terhubung ke operator. ( IP Private )
Kalau sudah mendapatkan ip tersebut, mintalah client anda mengakseshttp://whatismyipaddress.com dan mintalah ip publik yang tertera disana. Tanya tipe modem operator yang digunakan ke client anda. Mulai deh, buat gorengan, alias mengakali dengan cara simple,,kalau susah tak paksa dikit :-D, ketikan alamat ip publik tadi di browser anda. kebetulan modem yang saya akali adalah tipe cisco dpc 2320, jadi pas saya tanya dari engkong google default user dan password adalah sama sama kosong.

Disinilah, saya coba untuk membuat NAT-IP Forwarding, untuk default PORT winbox mikrotik yaitu port 8291. 192.168.0.11 adalah alamat ip lokal yang terhubung ke modem operator, 8291 adalah port defaultnya mikrotik untuk koneksi winbox,, protokolnya sendiri adalah TCP. Terus jangan lupa dienable dan ApplyPort Forwardig2 Silahkan tambahkan sendiri port mana lagi yang mau diforward..

Test deh sekarang,,,maknyus bro..:-P, kalau IP Dynamicnya modem operator ganti lagi ( karena pake DHCP ), yah tanya aja ke client yang bersangkuatan sebelum remote. Jangan lupa ganti password standardnya Cisco tadi,,heheh jadi kaya modem milik sendiri :-P.
~Semoga Bermanfaat~

Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmail.com] ~ Tekno-Cileungsi

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Simple Hacking – Remote Mikrotik yang menggunakan IP Private"

Posting Komentar