Sebelum Membeli Peralatan Tape Backup


Tape Backup / Tape Drive

Bagi para administrator jaringan, tentu pekerjaan melakukan Backup data menggunakan Tape Backup sudah tidak asing lagi, hanya untuk beberapa kalangan mungkin masih terdengar asing. 

Kemampuan backup menggunakan tape ini sampai ber-tera-tera :-),  dan ini bisa dilakukan dalam ukuran besar dengan kecepatan yang maksimal.

Saya ingin berbagi pengalaman saja dari apa yang saya kerjakan, semoga bisa menjadi ilmu dan referensi tambahan buat siapapun yang berencana akan melakukan atau instalasi tape backup di lokasi kerjanya.

Langkah Pertama.

Tentukan Total keseluruhan Data yang akan dibackup, ( estimasikan saja kira-kira, yang saat ini dan perkiraan 5 tahun mendatang, [ saya memperkirakan pertumbuhan kebutuhan space itu tumbuh 30 %  setiap Tahunnya, tapi ini tidak sama untuk setiap perusahaan, tergantung kondisi masing-masing.

Misalnya Storage yang anda miliki saat ini totalnya 1 Terabyte, maka kebutuhan kedepannya dalam 5 tahun kedepan adalah 1 TB x 30 % x 5 Tahun = 300 GB x 5 Tahun = 1500 GB. atau setara dengan 1.5 Terrabyte. 

Nah, sekarang kita jumlahkan kapasitas storage yang ada ditambah kebutuhan 5 tahun kedepannya.
berarti 1 Tb + 1.5 TB = 2.5 TB. 

Jadi, dalam lima tahun kedepan, anda membutuhkan Hardisk dengan ruang penyimpanan sebesar 2.5 Terrabyte, dan tentu saja Tape Backup yang harus dimiliki adalah sejumlah / setara dengan itu, atau yang mampu mengcover total 2.5 Terrabyte tadi.

dan  Inilah Total Data yang akan dilakukan backup setiap hari dan minggunya selama rentang waktu 5 tahun ]

Langkah Kedua.

Karena total kebutuhan space hardisk sudah ketahuan, maka sekarang kita mencari tahu di pasaran, media tape backup yang bisa melakukan backup sejumlah 2. 5 Tb. Kebetulan saat ini saya menggunakan Tape Backup HP-Ultrium 6250, Single External Tape Backup. Tape yang saya kerjakan ini memiliki kapasitas backup data 6.25 TB, dan memiliki kecepatan copy / transfer 1.45 TB/ hr.

Untuk Lebih jelasnya saya lampirkan detail speknya disini.

HP LTO-6 Ultrium 6250 Specifications

Buffer Size: 512MB
Included Capacity: 6.25TB Compressed 2.5:1
Transfer rate: 1.45 TB/hr
Host interface: 6 Gb/sec SAS
Encryption capability: AES 256-bit
WORM capability: Yes
Form factor: 5.25-inch half-height
Weight: 17.64 lb (8 Kg)
Dimensions (W x D x H): 11.73 x 3.11 x 8.86 in (29.8 x 7.9 x 22.5 cm)
Warranty: 3 year
Power Consumption: 24.5 Watts typical; 39 Watts max
Operating Temperature 50° F to 104° F (10° C to 40° C) if 5CFM airflow is provided
Non-Operating Temperature -40° F to 151° F (-40° C to 66° C)
Non-condensing humidity range:
Operating: 20 to 80% RH (Non-condensing, max wet bulb temperature=26C)
Non-Operating: 10 to 95% RH (Non-condensing, max wet bulb temperature=26C)

Langkah Ketiga.

Tentukanalah juga tipe Catridge yang sesuai dengan tipe Tape Drive diatas, jangan sampai salah beli, dan tentunya tentukan juga berapa banyak catridge yang akan dibeli.

Jumlah Catridge itu sendiri, harus ditentukan berapa kali frekwensi backup data dilakukan, apakah per hari, per dua hari, atau per minggu..? 

Biasanya rentangnya seperti ini, Daily, Weekly, Monthly, Yearly.
Untuk Daily, itu dilakukan pada jam-jam malam setiap harinya,
Untuk monthly itu biasanya tape catrdige dititipkan di luar kantor, atau di storage management untuk tujuan disaster recovery.


Langkah Keempat
Perlu saya tambahkan juga, bahwa untuk Tape Drive ini terdiri dari berbagai macam tipe dan ukuran, jadi sesuaikan dengan kondisi ruang server yang anda miliki.



Beberapa tipe Tape Drive

1. Tipe Autoloader, tipe tape drive seperti ini akan memuat beberapa catrdige kedalam tape, untuk berotasi didalam rentang waktu pengkcopyannya, / backupnya. contohnya adalah seperti ini : 













2. Tipe External non Rack

Tipe ini tidak memiliki fitur autoloader, jadi harus dilakukan secara manual untuk mengganti tape dari drivenya. contohnya adalah :












3. Tipe External untuk digunakan di Rack server ukuran 2U.
Secara fitur sama dengan point 2 diatas, hanya bedanya dipasang di rack atau tidaknya.



















Konektivitas dari Tape Drive ke server menggunakan konektor SAS.


Ini pengalaman yang saya jalankan, dan dijadikan kedalam bentuk tulisan, semoga bisa membantu didalam menentukan langkah awal dalam pembelian tape Drive..


Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmail.com] ~ Tekno-Cileungsi

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sebelum Membeli Peralatan Tape Backup"

Posting Komentar