Membangun FTP Server Bagian Ke Tiga ( Final )




Pada bagian ini saya akan membuat tulisan final untuk membangun sebuah FTP server, tapi sebelumnya silahkan dibaca bagi yang belum memahami untuk info teknis membangun FTP server ini dari awal.

Berikut Link Referensinya
Link Ref--> Membangun-ftp-server-bagian-pertama
Link Ref--> Membangun-ftp-server-bagian-kedua

Setelah mengikuti dari langkah pertama dan kedua di link diatas, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana alamat publik ip address FTP tersebut bisa mudah diingat oleh seluruh pengguna ?

Hal ini tentunya adalah kita harus mendaftarkan alamat IP tersebut ke hosting provider untuk menambahkan A Record pada DNS Server.

Merubah DNS pada hosting provider ada yang bisa dilakukan dengan sendiri, ada juga hosting provider yang tidak memberikan akses untuk perubahan DNSnya, dalam hal ini anda harus mengirimkan email ke provider untuk menambahkan A Recordnya.

Menambahkan A Record pada DNS server

1. Login kedalam hosting provider ( Control Domain ) bisa juga melalui Cpanel.
2. Setelah masuk kedalam control domain, maka carilah menu ( DNS Management )





3. Click A Record, lalu Tekan tombol A Record.


 4. Masukan nama domain yang akan dibuatkan FTPnya, misalnya ftp.namadomain.com, dan ip addressnya adalah alamat IP publik server FTP itu sendiri kedepannya, atau alamat IP Publik Router anda. ( Apabila server FTP ada dibelakang Router/Firewall, berarti harus ada konfigurasi NAT pada routernya/firewallnya.  Penjelasan NAT saya buatkan di link Referensi diatas ( Membangun-ftp-server-bagian-kedua )



5. Setelah proses langkah 4 selesai, maka tampilannya akan seperti dibawah ini, dan langkah mendaftarkan A record berarti sudah selesai. hanya tinggal menunggu 1 x 24 Jam untuk propagasi A record anda keseluruh DNS server di dunia. kadang dalam hitungan 1-2 Jam sudah bisa walaupun belum menyebar ke seluruh Dunia.

Untuk mengecek propagasi record DNS, bisa dicek disini.. ( https://www.whatsmydns.net )

6. Apabila anda sudah bisa melakukan ping dan reply terhadap nama domain yang baru anda daftarkan ( ftp.namadomain.com ), berarti alamat FTP sudah bisa diakses melalui browser atau file explorer/windows explorer.

## Catatan : 

  1. Jangan lupa mengkonfigurasi NAT apabila server FTP dibelakang Router/Firewall.
  2. Jangan sampai salah memasukan alamat IP dan nama domainnya.
  3. Buatlah user dan passwordnya dahulu demi untuk keamanan.



Nanti beginilah tampilannya di browser anda ketika sudah bisa diakses.



Semoga Bermanfaat, dan jangan lupa komentarnya kawan demi ramainya blog ini..
Saya akan merespond sebisa mungkin pertanyaan yang bisa saya jawab...



Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmail.com] ~ Tekno-Cileungsi

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Membangun FTP Server Bagian Ke Tiga ( Final )"

Posting Komentar