Manfaat dari perapihan kabel jaringan




Perapihan kabel jaringan


Perapihan-kabel Bagi anda yang memiliki data center, atau ruang server, tentu kondisi perkabelan yang berantakan dan semrawut membuat anda sebagai IT Administrator atau IT Manager akan kesulitan sekali disaat mengalami kendala putus jaringan, atau Network Looping, atau ada beberapa kabel yang digigit tikus. Kami paling mengerti kondisi seperti ini dimana histori dari beberapa jalur kabel jaringan tidak terdokumentasi, atau bahkan labelnya sudah hilang.

Kenapa hal ini bisa terjadi..?

Biasanya kondisi diatas terjadi ketika suatu jaringan sudah memiliki umur diatas 3 tahunan, ketika banyak sekali permintaan perubahan dari internal organisasi seperti Re-layouting ruangan kerja, Perpindahan ruangan Network Rack, Adanya penambahan jumlah karyawan secara besar-besaran, adanya penambahan Server-server baru, yang pada akhirnya menyebabkan kabel-kabel tersebut berubah posisi. Dan biasanya dikarenakan kesibukan dari IT administrator yang menangani hal tersebut, mereka lupa untuk memberikan label perubahan baik secara physic maupun secara softcopy. Ketika sudah mencapai 3 tahun, akhirnya kabel-kabel tersebut sudah tidak terkontrol lagi dan makin semrawut.

Kerugian dari kabel yang tidak terawat atau semrawut.

  • Kualitas traffic pada kabel akan mengalami hambatan, dimana kabel-kabel yang mungkin terlipat secara sudut patah akan mempengaruhi kecepatan dari trafficnya itu sendiri, atau dalam hal ini dikatakan akan menambah latency dari sebuah traffic. 
  • Adanya kesulitan didalam menelusuri ( Tracing ) kabel yang terputus. 
  • Pendokumentasian akan sulit diwujudkan, karena kondisi label yang sudah tidak akurat lagi.
  • Apabila kondisi ini dibiarkan, maka lambat laun akan menambah permasalahan yang ada, seperti kecenderungan Network Looping ( Kondisi dimana suatu jaringan tidak mempunyai destinasi akhir, yang akhirnya menyebabkan Network Broadcast secara terus menerus dan akhirnya Down.
  • Bahaya terjadinya konsleting kelistrikan, karena bisa jadi adanya kabel yang tergigit tikus dan terhubung kepada jalur kelistrikan.

Keuntungan dari kabel yang terawat dan terdokumentasi.

  • Kualitas traffic pada jaringan terjaga, karena kondisi kabel yang sudah tidak adanya lengkungan yang patah.
  • Penelusuran ( tracing ) kabel akan menjadi lebih mudah apabila ada salah satu kabel yang terputus
  • Pendokumentasian akan sangat mudah, baik pendokumentasian di patch panelnya sendiri maupun di setiap kabel yang terkoneksi ke setiap switch.
  • Pendokumentasian dan Legend dari sebuah jaringan akan sangat mudah dimiliki berupa soft copy untuk memudahkan pencarian dan melakukan perubahan pada masing-masing panel dan switch.
  • Kondisi Network Looping akan sangat berkurang.
  • Mengurangi terjadinya konsleting kelistrikan.

Ini contoh saja, ruang perkabelan yang sudah dirapihkan. ( Photo saya copy dari Google )


Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmail.com] ~ Tekno-Cileungsi

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manfaat dari perapihan kabel jaringan"

Posting Komentar