LAN, WAN, dan Internetwork


LAN, WAN, dan Internetwork


Apa sih Internet, LAN, WAN ?
Sebelum mempelajari jaringan komputer, alangkah lebih baiknya pemahaman terhadap LAN, WAN dan internetwork itu sendiri difahami secara utuh, hal ini akan lebih baik kedepannya untuk memahami konsep jaringan yang lebih komplek kedepannya. ada tulisan dan artikel yang saya ambil dari materi kursus Cisco yang saya tampilkan dibawah ini untuk menjadi pelajaran kita semua.
1. Local Area Networks
Infrastruktur jaringan dapat sangat bervariasi dikarenakan:
• Ukuran area yang dicakup
• Jumlah dari pengguna yang terhubung
• Jumlah dan jenis layanan yang tersedia
Sebuah jaringan tunggal biasanya meliputi suatu area geografis tertentu, menyediakan layanan dan aplikasi untuk orang‐orang di dalam suatu struktur organisasi, misalnya sebuah kantor, kampus, atau wilayah. Jenis jaringan ini disebut Local Area Network (LAN). LAN biasanya diurus oleh sebuah
organisasi. Kendali administratif yang mengatur keamanan dan kebijakan kendali akses berada pada tingkat jaringan.
LAN
2. Wide Area Networks
Ketika sebuah perusahaan atau organisasi memiliki beberapa lokasi yang terpisah oleh jauh secara geografis, mungkin perlu baginya untuk menggunakan penyedia layanan telekomunikasi ‐ telecommunications service provider (TSP) untuk saling menghubungkan berbagai LAN pada lokasi yang berbeda. Penyedia layanan telekomunikasi mengoperasikan jairngan dengan wilayah yang luas yang dapat meliputi jarak yang jauh. Secara tradisional, TSP mengirimkan komunikasi suara dan data pada jaringan yang terpisah. Penyedia layanan tersebut saat ini semakin meningkatkan penawaran layanan jaringan informasi yang menyatu kepada pelanggannya.
Masing‐masing organisasi biasanya menyewa koneksi melalui jaringan TSP. Jaringan ini yang menghubungkan berbagai LAN pada lokasi‐lokasi yang terpisah secara geografis disebut sebagai Wide Area Networks (WANs). Meskipun organisasi yang bersanglutan menjaga semua kebijakan dan administrasi pada LAN di kedua ujung koneksi, kebijakan di dalam jaringan penyedia layanan telekomunikasi dikendalikan oleh TSP yang bersangkutan.
WAN menggunakan perangkat jaringan yang didisain secara khusus untuk emmbuat interkoneksi antar berbagai LAN. Karena pentingnya perangkat ini terhadap jaringan, konfigurasi, instalasi, dan perawatan dari perangkat‐perangkat tersebut merupakan keterampilan yang bersifat integral terhadap fungsi dari jaringan organisasi yang bersangkutan.
LAN dan WAN sangatlah berguna bagi setiap organisasi. WAN dan LAN menghubungkan para pengguna di dalam oranisasi. WAN dan LAN mengijinkan banyak bentuk komunikasi di antaranya pertukaran e‐mail, pelatihan perusahaan, dan penggunaan bersama berbagai sumber daya lainnya.
wan

3. Internet – Jaringan dari Jaringan
Meskipun terdapat berbagai keuntungan dalam menggunakan LAN atau WAN, kebanyakan dari kita perlu untuk berkomunikasi dengan sumber daya pada jaringan yang lain, di luar organisasi lokal kita.
Contoh dari jenis komunikasi ini di antaranya:
• Mengirimkan e‐mail ke teman di negara lain
• Mengakses berita atau produk pada situs web
• Mendapatkan berkas pada komputer tetangga
• Instant messaging dengan saudara di kota lain
• Mengikuti kinerja tim olah raga favorit melalui ponsel
#Internetwork

internetworkSuatu jaringan mesh global dari jaringan yang saling terhubung ‐ interconnected network (internetwork) memenuhi kebutuhan komunikasi manusia ini. Beberapa dari jaringan yang saling terhubung ini dimiliki oleh organisasi publik dan swasta besar, seperti misalnya kantor pemerintahan atau perusahaan industri, dan dicadangkan untuk penggunaan eksklusif mereka. Internetwork yang paling terkenal dan paling banyak digunakan secara terbuka adalah Internet. Internet dibangun oleh interkoneksi berbagai jaringan yang dimiliki oleh Internet Service Providers (ISPs) Penyedia Layanan Internet. Jaringan ISP ini saling terhubung satu sama lainnya untuk menyediakan akses ke jutaan pengguna di seluruh dunia. Memastikan komunikasi yang efektif melalui beragam infrastruktur memerlukan aplikasi dari teknologi dan protokol yang konsisten dan sudah dikenal termasuk juga kerjasama dari berbagai badan administrasi jaringan.
4. Intranet
Istilah intranet sering digunakan untuk merujuk koneksi private dari LAN dan WAN yang dimiliki oleh suatu organisasi, dan didisain untuk hanya dapat diakses oleh anggota organisasi, karyawan, atau yang lainnya yang memperoleh ijin. Catatan: Istilah berikut dapat saling dipertukarkan: internetwork, data network, dan network. Suatu koneksi dari dua atau atau lebih jaringan data membentuk suatu internetwork ‐ sebuah jaringan yang terdiri dari berbagai jaringan. Merupakan hal yang biasa juga untuk merujuk suatu internetwork sebagai suatu data network ‐ atau sekedar network (jaringan) saja ‐ ketika mempertimbangkan komunikasi pada level tinggi. Penggunaan istilah tersebut bergantung kepada konteks saat itu dan istilah tersebut dapat saling dipertukarkan.
~ Semoga Bermanfaat~… berlanjut nanti

Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmail.com] ~ Tekno-Cileungsi

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "LAN, WAN, dan Internetwork"

Posting Komentar