Apa itu Data Center..?



Data Center merupakan fasilitas yang digunakan untuk menggabungkan beberapa sistem komputer dan sistem pendukungnya kedalam satu ruangan, seperti tempat penyimpanan data yang sangat besar dan sistem telekomunikasi seperti jaringan,telephone, sistem pabx, door access, UPS, power supply, dan penyimpanan peralatan seperti router, switch, modem, dan server-server yang digunakan untuk pemerosesan data.

Kondisi saat ini boleh dikatakan bahwa hampir semua perusahaan dinyatakan memiliki data center tersebut walaupun dalam skala kecil ataupun menengah. Karena data merupakan komponen yang sangat penting dan rahasia sehingga diperlukan isolasi didalam ruangannya sendiri yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu yang sudah mendapatkan izin dari pihak management.

Alasan utama bahwa kenapa perusahaan diharuskan memiliki data center sendiri Operasional IT merupakan aspek yang sangat penting didalam operasional sebuah perusahaan di seluruh dunia. Salah satu permasalahan utama adalah menjaga kontinuitas kelangsungan operasional bisnis itu sendiri. Di Jaman sekarang, dimana-mana hampir semua perusahaan bergantung kepada sistem informasi untuk menjalankan operasinal mereka. Apabila sistem IT terputus, atau tidak berjalan, maka operasional perusahaan dapat terganggu atau berhenti sama sekali. Oleh karena itu  dibutuhkan suatu sistem  infrastruktur IT  yang handal untuk menunjang kebutuhan tersebut, dimana antara sistem tersebut saling redundant,  bisa saling melakukan backup “ fail over” sebagai sumber cadangan agar tidak terputusnya sistem operasional perusahaan.

Sistem untuk sebuah data center yang bisa saling mendukung / Redundant dimulai dari yang terkecil seperti

  • Power supply dari masing-masing server disarankan melebihi dari satu. 
  • Hardisk-hardisk pada server disarankan untuk menggunakan system RAID, ( Redundancy Array Independent Disk ), hal ini untuk meminimalisir gagalnya hardisk pada server utama. 
  • Server-server utama seperti “ Email server, Active Directory, Data base system dan masih banyak lagi “ disarankan untuk bisa memiliki fungsi redundant, artinya ada satu server lagi yang dijadikan mirror, atau cadangan disaat server utama gagal beroperasi.
  • Server- server utama dan beberapa peralatan jaringan seperti router, switch, modem, dan Door Access System, CCTV, disarankan memiliki sumber kelistrikan cadangan ( UPS ), hal ini untuk meminimalisir down time operasional IT itu sendiri.
  • Adanya alat pengukuran suhu pada ruangan, agar suhu ideal tetap terjaga. 
  • Lantai ruangan menggunakan system raised floor, lantai yang diperuntukan untuk sebuah data center untuk menghindari energi statis kelistrikan, selain itu raised floor sangat berguna untuk mengatur lalu lintas kabel agar tidak terlihat berantakan, dan mudah dalam penelusuran apabila ada penggantian jalur. 
  • Adanya system backup data, backup menggunakan media tape drive, ataupun menggunakan media lain.


System perkabelan yang tertata rapih dan mudah ditelusuri (traceable) kapan saja, untuk memudahkan penelusuran kabel data apabila terjadinya koneksi yang putus. Penempatan atau pemilihan dan ukuran ruangan harusnya disesuaikan dengan kapasitas dari peralatannya itu sendiri, agar tidak terlalu sempit atau terlalu luas. Hal diatas merupakan beberapa hal yang harus dipikirkan didalam membangun data center, agar kondisi ideal dan kerahasiaan data tetap terjaga.

Bagaimanakah apabila anggaran yang ada terbatas..?

Didalam membangun data center, konsekwensi utama adalah masalah investasi awal yang nilainya cukup besar, hal ini tidak menjadi kendala untuk perusahaan yang sudah cukup besar, tapi bagaimanakah untuk perusahaan menengah kebawah ?

Anggaran sebenarnya adjustable, sebenarnya hal yang harus dipertimbangkan didalam membangun data center adalah perencanaan yang matang, perencanaan yang disesuaikan dengan budget yang ada agar tujuan utamanya bisa tercapai, tapi tidak menghilangkan fungsi dari “ Sustainable System “ / system yang berkesinambungan. Oleh karena itu buatlah blue print dari keseluruhan kebutuhan anda, konsultasikan dengan consultant yang ada “ ( www.kabeljaringan.com ). Agar kebutuhan yang utama bisa di eksekusi dan bertahap.

Proses pembangunan data center yang saling bertahap ini tentu saja akan menguntungkan, karena budget tidak menjadi halangan lagi, akan tetapi bisa di eksekusi kapan saja sesuai dengan blue print yang ada.

Kami siap membantu anda dari fase konsultasi sampai implementasi untuk pembangunan data center dengan budget yang affordable, kami didukung oleh tenaga-tenaga professional dan berpengalaman dibidangnya untuk menjaga kualitas pekerjaan yang ada.

Tulisan ini sama dengan yang ada di www.kabeljaringan.com, karena penulisnya adalah sama..

Semoga bermanfaat kawan.

Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmail.com] ~ Tekno-Cileungsi

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Apa itu Data Center..?"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas informasinya..nanti saya coba yah,,, salam

      Hapus