Apa sih itu Routing ?




Didalam memahami sebuah konsep jaringan, salah satu yang harus difahami adalah konsep routing. Sebab, dengan routing inilah paket data bisa dirutekan ke berbagai belahan dunia. routing sendiri didukung beberapa protokol, yang terbagi dua yaitu, routing static dan routing dynamic.

Routing menurut saya adalah suatu proses pencarian jalur tercepat atau ( merutekan ) suatu alamat IP ke alamat ip yang lain. routing itu sendiri berjalan di layer network pada OSI layer. Ketika permintaan alamat terhadap ip yang dituju terhadap router, maka router harus bisa menjawab alamat yang diminta tersebut supaya bisa dirutekan ke next hope berikutnya. ketika router tidak mampu untuk merutekan alamat tersebut, maka paket tersebut akan dihancurkan, dan tidak sampai ke alamat yang diminta. ini adalah kesimpulan dari pemahaman mengenai konsep routing.

 Berikut adalah tautan yang saya ambil dari cisco yang sudah ditranslasikan ke bahasa

Di dalam suatu jaringan (network) atau sub‐jaringan (subnetwork), host‐host saling berkomunikasi
satu sama lain tanpa perlu menggunakan perangkat antara (intermediary) pada layer Network. Ketika suatu host perlu untuk berkomunikasi dengan jaringan yang berbeda, suatu perangkat antara (intermediary), atau router, berperan sebagai gateway ke jaringan lain. Sebagai bagian dari konfigurasinya, suatu host akan diberi alamat default gateway‐nya. Sebagaimana terlihat pada gambar, alamat gateway tersebut adalah alamat dari antarmuka router yang terhubung ke jaringan yang sama dengan host tersebut. Ingat baik‐baik bahwa tidaklah masuk akal bagi suatu host tertentu untuk mengetahui alamat dari setiap perangkat di Internet yang mungkin akan berkomunikasi dengannya. Untuk berkomunikasi dengan perangkat pada jaringan yang lain, suatu host menggunakan alamat dari gateway, atau default gateway, untuk meneruskan packet keluar dari jaringan lokal. Router juga memerlukan suatu rute yang menentukan tujuan berikutnya dari suatu packet yang akan dikirimkan. Hal in disebut alamat next‐hop. Jika suatu rute tersedia bagi router, router tersebut akan mengirimkan packet ke next‐hop router yang menawarkan suatu jalur ke jaringan tujuan.




Packet IP – Membawa Data Dari Ujung Ke Ujung

Seperti yang anda ketahui, tugas dari layer Network adalah melakukan transfer data dari host tempat asal data tersebut ke host yang menggunakannnya. Selama proses enkapsulasi di host sumber, layer 3 membuat packet IP yang digunakan untuk mengirimkan PDU Layer 4. Jika host tujuan berada pada jaringan yang sama dengan host sumber, packet tersebut dikirimkan ke host tujuan pada media lokal tanpa memerlukan adanya router. Akan tetapi, jika host tujuan dan sumber tidak berada pada jaringan yang sama, packet tersebut mungkin akan membawa PDU pada layer Transport melewati berbagai jaringan dan melalui berbagai router. Pada proses tersebut, informasi yang berada di dalam packet tidak akan diubah oleh satupun router saat melakukan proses forwarding decision (mencari jalur pengiriman). Pada setiap hop, proses forwarding decision didasarkan pada informasi yang berada di dalam header setiap packet IP. Packet yang bersangkutan, juga dengan enkapsulasi‐nya pada layer Network, pada dasarnya tidak berubah di sepanjang keseluruhan proses tersebut, dari host sumber ke host tujuan. Jika komunikasi yang terjadi adalah antar host pada jaringan yang berbeda, jaringan lokal
mengirimkan packet dari sumber menuju ke gateway router jaringan lokal tersebut. Router tersebut akan memeriksa bagian jaringan (network portion) dari alamat tujuan packet tersebut dan mengirimkannya ke antarmuka yang terkait. Jika jaringan tujuan bersifat directly connected (terhubung secara langsung) dengan router ini, packet tersebut akan dikirimkan langsung ke host tujuan. Jika jaringan tujuan tidak terhubung secara langsung, packet tersebut akan dikirimkan ke router kedua, yaitu next‐hop router. Pengiriman packet tersebut akan menjadi tanggung jawab dari router kedua ini. Banyak router atau hop di sepanjang jalan yang mungkin memproses packet tersebut sebelum tiba di tujuan.

Tukang Nulis : R003! 4lf!4n W0eht4r [newrobix@gmail.com] ~ Tekno-Cileungsi

Penulis memiliki hobi mengutak-atik perangkat jaringan dan system infrastruktur.. dan tulas-tulis pada sebuah blog ini yang tujuannya supaya bisa menambah teman dan bertukar informasi.

:: ! ::

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Apa sih itu Routing ?"

Posting Komentar